8 Cara Sederhana Membuat Si Dia Mengerti Dirimu Dengan Seksama

8 Cara Sederhana Membuat Si Dia Mengerti Dirimu Dengan Seksama

Posted at 14:21, by Admin

Mungkin kamu telah menemukan pasangan yang tepat. Si Dia yang penyayang dan pengertian selalu ada di sisimu serta memenuhi hampir semua kebutuhanmu. Namun ada kalanya Si Dia seolah tidak mengerti apa yang tengah kamu butuhkan khususnya berhubungan dengan kebutuhan emosionalmu, Amour.
Mengingat tidak ada seorang pun yang terlahir dengan kemampuan membaca pikiran orang lain, tahu dan paham akan kebutuhan emosional pasangan tidak selamanya mudah. Untuk itu, bantulah si Dia mengerti akan dirimu dengan seksama lewat beberapa cara ini:

Jaga suaramu tetap tenang
Saat kamu terbawa emosi dan suaramu mulai meninggi, akan sangat sulit menjaga dirimu tetap kalem. Baik kamu maupun si Dia akan sulit untuk saling memahami satu sama lainnya. Oleh karena itu, saat kamu ingin membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan emosionalmu, gunakan suara yang rendah dan ramah.

Cobalah mengerti pula perasaan si Dia
Hubungan emosional ibarat sebuah jalan berlajur dua. Sebelum meminta si Dia untuk memahamimu, pahamilah dirinya terlebih dahulu agar ia tidak merasa disalahpahami. Ketahui terlebih dahulu apa yang mengganggunya, sudut pandangnya, serta perasaannya sebelum kamu menjabarkan kebutuhan emosionalmu.

Ungkapkan dengan jelas bagaimana perasaanmu
Hindari memberikan isyarat-isyarat dalam perilaku dan perbuatanmu terhadap si Dia dengan harapan bahwa ia akan langsung mengerti akan dirimu. Tinggalkan pula sikap pasif agresif yang sering berujung pada ucapan pedas serta menyindir. Usahakan untuk mengungkapkan dengan jelas dan tanpa berbelit-belit bagaimana perasaanmu, apa yang mengganggumu, apa yang akan membuat perasaanmu lebih baik, serta kompromi-kompromi apa saja yang bisa kalian lakukan bersama untuk membuat keadaan menjadi lebih baik.

Perhatikan bahasa tubuhmu
Bahasa tubuh adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi reaksi pasangan terhadap dirimu. Contohnya saja, ketika kamu berdiri dengan tangan menyilang di dada, kamu memberikan kesan jika dirimu tidak mau mendengarkan dirinya. Maka dari itu, cobalah untuk tenang, Amour. Buat tubuhmu bersikap terbuka dan rileks saat membicarakan perihal emosi.

Jangan memintanya untuk berubah
Tahan dorongan untuk mengkritik si Dia atau memintanya untuk berubah. Alih-alih melakukan dua hal tersebut, usahakanlah fokus terhadap apa yang kamu rasakan. Saat membicarakan perihal perasaan, sangatlah penting untuk tetap fokus membagikan pengalamanmu dan melakukan hal-hal seperti mencari, mendengarkan,atau memahami pokok permasalahannya. Kritik atau permintaan untuk berubah hanya akan mengganggu pemahaman emosional tersebut.

Hindari kecenderungan menyalahkan
Ucapan seperti, “Kamu tuh selalu aja begitu,” atau yang bernada serupa dapat membuat si Dia merasa tidak nyaman sekaligus kebingungan. Daripada melontarkan kalimat tersebut pilihlah kata-kata sifat yang menggambarkan perasaan seperti “terluka” dan “takut”. Kedua emosi ini?terluka dan takut?dapat menjadi permasalahan dalam sebuah hubungan intim ketika tidak ditangani secara tepat.

Maklumi sikap defensif si Dia
Mungkin kamu telah melakukan semua langkah-langkah yang ditulis di atas dengan cermat dan hati-hati, tapi si Dia tetap menunjukan sikap yang cenderung defensif. Hal tersebut sangatlah alami dan bukannya salahmu, Amour. Sikap kerasnya ini berhubungan erat dengan sistem peringatan dalam dirinya yang terpicu akibat ucapanmu. Berilah waktu baginya dan maklumi sikap defensif yang muncul. Ulangi kembali langkah-langkah di atas sampai akhirnya si Dia mengerti akan maksud dari ucapanmu.

Jaga harapanmu tetap pada kadar yang masuk akal
Ingatlah bahwa tidak masalah jika kamu dan si Dia tidak dalam satu halaman yang sama sekarang ini, Amour. Orang-orang memiliki pengalaman emosional yang berbeda dan tidak semuanya langsung memahami emosi serupa. Oleh sebab itulah, hindari kecenderungan menaruh harapan terlalu tinggi untuk selalu dimengerti. Jadikan pengalaman emosional sebuah goal yang harus kamu dan si Dia kejar dalam hubunganmu.

Demikianlah delapan cara sederhana yang dapat membuat si Dia mengerti dirimu dengan seksama. Penasaran dengan tips dan saran terbaru yang berhubungan dengan hubungan asmaramu serta dunia perempuan? Jangan lupa Like Facebook Enchanteur di sini dan follow akun Twitter serta Instagram.

Referesi:
https://www.bustle.com/p/15-little-ways-to-get-your-partner-to-better-understand-you-emotionally-7380392
https://oureverydaylife.com/make-boyfriend-understand-feelings-10057164.html
https://www.psychologytoday.com/blog/constructive-wallowing/201706/8-ways-help-your-partner-understand-you

love, relationship

OTHER ARTICLES


6 Hal Simpel yang Bikin si Dia Tergila-gila

Hal simpel seperti menggunakan…

Beragam Fakta Menarik Seputar Jatuh Cinta

Ketika jatuh cinta, pria dan wanita…

PT UNZA VITALIS
Jl. Soekarno Hatta KM 5-5
Salatiga- Indonesia
0800-1120-000
consumercare@unzavitalis.com